5 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Saat Solo Traveling

(Foto: Quang Nguyen vinh)

Bukannya sok bijak, secara jalan sendiri, mesti punya rambu-rambu, dong, supaya solo traveling-mu tetap aman sentosa, beneran mengubah pandanganmu terhadap dunia, dan nggak bikin khawatir orang-orang yang peduli denganmu entah di mana. Pastinya sudah pada tahu, kan, banyak sekali pemberitaan tentang solo traveler yang bernasib naas, dari kehilangan barang berharga sampai nyawa!

Alangkah baiknya kalau kamu punya semacam aturan tak tertulis yang selalu kamu kantongi kemana pun hendak jalan sendirian, supaya perjalanan tetap cihuy dan kamu kembali dengan lengkap ke tempat asalmu. So, kira-kira apa saja yang TIDAK BOLEH kamu lakukan saat solo traveling?

1

Terlalu Percaya Sama Orang

Yoi, percaya tuh sama Gusti Allah, bukan manusia! Apalagi sama orang yang baru kamu kenal dan kebetulan ngobrolnya nyambung, langsung deh percaya 100 persen sampai-sampai pin ATM pun dikasih tahu—istilahnya gitu loh!

via GIPHY

Boleh curhat tapi jangan sampai berlebihan. Nggak masalah, sih, kalau seandainya kamu mengubah rencana perjalananmu setelah bertemu dengan orang baru itu, tapi tetap awas dan waspada, ya!

2

Ceroboh dan Lamban

Ya kalau kamu orangnya memang clumsy mungkin dengan solo traveling ini kamu dilatih untuk lebih tough dan berpikir cepat. Secara kamu jalan sendiri, ya nggak boleh, dong, ceroboh dan lamban. Kalau dua ini kamu lakukan, dijamin, deh, bakal ketemu banyak masalah. Ya ketinggalan kereta, ya dompet tergeletak di meja tempat kamu makan, keasyikan jalan sampai kemalaman hingga tidak ada lagi kendaraan....

via GIPHY

3

Jatuh Cinta

Iya kalau cintanya berjalan mulus..., kalau cuma semalam dan kamu dipermainkan, gimana? Bisa-bisa rencana perjalananmu kacau balau karena sibuk menata hati yang terganjal, padahal ada kereta dan renjal yang mesti dikejar, hayooo!

via GIPHY

Makanya jadi orang jangan terlalu baperan. Bukan berarti tertutup terhadap orang baru, ya, tapi dibawa santai dan nikmati saja segala modus perhatian yang datang mendadak itu.

4

Boros Banget, Ngeluarin Uang Tanpa Mikir

Jalan sendirian membuat kamu harus hati-hati juga dalam mengeluarkan uang. Kalau kamu kehabisan uang, nggak ada yang bisa minjemin. Okelah kalau kamu jalannya di tempat yang akses ATM-nya bisa mudah didapat, kalau nggak, gimana? Kudu piye? Nggak mungkin, kan, nyulap daun jadi duit?

via GIPHY

Yuk, pengeluaran direm, jangan heboh belanja juga nanti kelebihan bagasi bikin susah karena nggak ada yang bisa ditebengin.

5

Terima Titipan Barang Orang

Bukannya parno dan menjunjung tinggi individualisme, tapi ada baiknya kamu berjaga-jaga. Siapa tahu kamu dititipi narkoba? Apalagi kamu traveling-nya di tempat yang memang riskan menjerat traveler lewat penitipan barang seperti Kamboja, Thailand, Vietnam.

via GIPHY

Adakalanya bersikap cuek itu baik untuk keselamatanmu. Terlalu banyak tahu dan mau tahu serta sok baik bisa membawamu ke dalam masalah.

Hayoo suka cari masalah dan bikin drama, ya?

Tanggapi tuturan di atas?

Leave a reply

Atur ulang Katasandi